8 Distro Linux Dengan Tampilan UI/UX Terbaik 2020

8 Distro Linux Dengan Tampilan UI/UX Terbaik 2020

data:post.author.name
Published:
Updated:

Distro Linux memiliki banyak variasi. Tak tanggung-tanggung ratusan distro linux bertebaran diluar sana, mulai dari yang sudah ditinggalkan, baru dibuat dan bahkan yang sudah lama bertahan.

UI/UX Distro Linux

User Interface dan User Experience pada distro linux berbeda tergantung dari desktop environment yang digunakan. Distro Linux juga ada yang menggunakan desktop environment seperti Gnome, Xfce dan Kde dengan sedikit kostumisasi terhadap desktop environment yang digunakan, hal ini untuk membuat UI/UX lebih bagus.

Ada juga yang menggunakan desktop environment sendiri seperti Kde Neon dengan desktop environment Kde dan juga Ubuntu versi lama dengan desktop environment Unity. Sayangnya Unity sudah berhenti dikembangkan sejak Ubuntu 16.0 (saya lupa lagi, karena saya pengguna Ubuntu dari versi 18.04).

List Distro Linux Terbaik

Yang kita bahas sekarang ialah distro linux dengan tampilan UI/UX terbaik versi Nurhidayat, berikut daftarnya.

1. Deepin OS

Deepin OS merupakan distro yang dikembangkan oleh Deepin Technology yang berasal dari China. Deepin di dasarkan pada Debian, dan sempat didasarkan pada Ubuntu saat Deepin 9.12 hingga berakhir pada deepin 2014.3.
Deepin OS pernah menggunakan desktop environmnet xfce, lxde dan gnome hingga Deepin mengembangkan desktop environment sendiri yang dinamai Deepin Desktop Environment.

Untuk saat ini deepin sudah memasuki deepin 20, yang masih beta. Namun berdasarkan penglihatan dan pengalaman saya terhadap Deepin OS ini bisa dibilang distro linux terbaik dari segi UI dan UX untuk saat ini. Kamu bisa mendownloadnya dari deepin.org. Berikut preview taskbar deepin 20.


Bagi kamu yang penasaran dengan distro linux Deepin 20 juga bisa melihat preview lengkap dari youtube.

2. Ubuntu Kylin

Ubuntu juga mengeluarkan distro Ubuntu versi China nya sendiri, Ubuntu Kylin menggunakan desktop environment UKUI perpaduan antara QT dan GTK yang membuatnya lebih baik dalam menjalankan aplikasi. Ubuntu Kylin memmiliki UI/UX yang mirip Windows 10 meskipun terdapat perbedaan (saya mengatakan mirip bukan persis sama).


3. Elementary OS

Distro Linux yang satu ini memiliki tampilan sederhana namun sangat bagus dimata. Tampilan mirip dengan MacOS dan GNOME serta tidak berat digunakan. Distro Elementary bisa didapatkan secara gratis dengan cara memasukan harga 0 dibagian beli pada halaman elementary.
Distro Elementary OS menggunakan Phanteon sebagai desktop environment nya. Phanteon dibuat dengan GTK3


4. Kde Neon

Distro Kde Neon menggunakan KDE Plasma sebagai desktop environmentnya. Distro ini adalah turunan dari Distro Ubuntu, namun dibandingkan Kubuntu yaitu Ubuntu asli dengan desktop environment KDE Plasma terdapat perbedaan yang lumayan terasa jika digunakan.

Dengan desktop environment KDE Plasma asli, Distro Kde Neon tentu lebih unggul karena bisa mendapatkan pembaruan stabil paling cepat sehingga bila ada suatu bug akan mudah teratasi setelah melakukan pembaruan. Keunggulan dari distro Kde Neon adalah mudahnya kostumisasi pada tampilan hanya dengan klik tahan dan seret maka tampilan akan berubah sesuai dengan keinginan.


5. Linux Mint

Distro Linux Mint adalah turunan dari distro Ubuntu dengan desktop environment mereka sendiri yaitu Cinnamon, tersedia juga variant desktop environment XFCE dan Mate. Linux Mint adalah salah satu distro paling banyak digunakan, menempati urutan ketiga setelah manjaro. Linux mint memiliki tampilan yang sederhana dan sangat bersahabat bagi yang baru saja beralih dari Windows.


6. Zorin OS

Distro Zorin menggunakan Gnome 3 dengan beberapa kostumisasi pada tampilan sebagai desktop environmentnya. Ada juga Zorin OS Lite dimana menggunakan Xfce sebagai desktop environmentnya. Zorin OS dan Zorin OS Lite tidak jauh berbeda dari segi tampilan, karena saya belum pernah mencobanya saya tidak terlalu tahu dengan distro yang satu ini.

Namun dari tampilan Distro Zorin adalah salah satu distro dengan tampilan terbaik yang pernah saya lihat, kamu bisa melihat preview langsung dari video dibawah.


7. Solus

Solus dibuat dari awal dan termasuk distro baru. Distro Solus dirilis pada 2016 dilihat dari data Distrowatch. Solus linux adalah distro yang cepat dan stabil. Kamu bisa melihat preview dari distro tersebut dalam video berikut.


8. Manjaro

Distro Manjaro adalah turunan dari distro Arch Linux dengan empat variant yaitu XFCE, KDE Plasma, Gnome dan Architect. Distro yang satu ini memiliki tampilan yang bagus tak jauh berbeda dengan KDE Neon jika menggunakan variant KDE Plasma. Distro Manjaro terkenal dengan kestabilannya.
Manjaro adalah distro paling populer kedua setelah MX Linux pada saat postingan ini dibuat.


Akhir Kata

Mungkin itulah distro linux dengan tampilan UI dan UX terbaik yang pernah saya lihat, saya juga bingung apakah akan memasukan Manjaro dalam list atau tidak karena Manjaro menggunakan desktop environment seperti KDE Plasma dan Gnome dengan sedikit kustomisasi. Tetapi pada akhirnya saya masukan juga, biarlah pembaca yang menyimpulkan sendiri.


Comments

  1. Wah, ternyata Linux banyak sekali distro nya ya untuk user experience, kebanyakan dari China. Sayangnya saya pakai hape bukan PC jadinya nyimak saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga mas, yang dari china sedikit tapi sekalinya ada tampilannya bagus. Dari Indonesia juga ada.

      Delete
  2. Saya pake linux mint. Nyaman loh pake nya, asli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih pake kde neon, belum pernah coba linux mint wkwk. Linux mint sepertinya simple tapi fungsional.

      Delete

Post a comment

- Gunakan <em>kode yang sudah diparse html</em> untuk menampilkan kode.
- Tidak diperbolehkan menggunakan hyperlink