Distro Linux Paling Ringan Terbaik 2020 - Nurhidayat

09 April 2020

Distro Linux Paling Ringan Terbaik 2020

Distro Linux adalah sebuah pilihan jika anda mempunyai sebuah komputer lama namun masih ingin menggunakan OS versi terbaru atau khawatir akan keamanan dari OS anda yang sudah tidak di Update lagi. Distro Linux terbilang cukup ringan digunakan untuk penggunaan sehari-hari, namun jika spesifikasi komputer anda terbilang jadul maka anda harus bisa memilih Distro yang cukup ringan digunakan di komputer Anda.



Distro Linux Paling Ringan Terbaik 2020

Untuk hal ini saya memberikan referensi kepada Anda "Apa Distro Linux Paling Ringan yang Cocok untuk Komputer Anda?"

Zorin OS Lite


Distro Linux Paling Ringan Terbaik 2020

Zorin OS terkenal dengan tampilannya dan juga ringan ketika digunakan. Sekarang terdapat Zorin OS Lite dengan menggunakan desktop environtmen Xfce yang membuatnya sangat ringan. Tampilan tetap memukau dan memanjakan mata spesifikasi yang dibutuhkan pun tak perlu tinggi untuk bisa menjalankanya. Antarmuka dibuat mirip dengan windows sehingga yang asalnya pengguna windows dapat beradaptasi.

Dukungan 32 Bit: Ya
Processor: 700 MHz Single Core
Ram: 512 MB
Display: Min 640 × 480

Linux Lite


Distro Linux Paling Ringan Terbaik 2020

Linux Lite juga tak kalah ringan dengan distro lainya. Tampilan dari linux lite terlihat modern dan simple. Antarmuka pun mirip dengan windows. Linux Lite adalah turunan dari Ubuntu LTS.

Dukungan 32 Bit: Ya
Processor: 1 Ghz processor
Ram: 768 MB
Penyimpanan: 8 GB

Puppy Os


Distro Linux Paling Ringan Terbaik 2020


Puppy Linux adalah distro yang ringan digunakan pada komputer anda. Distro ini cukup unik, karena anda bisa memilih variant yang berbeda dari distro lainya. Anda bisa memilih binari Debian, Ubuntu, Arch, dan binari lainya dari distro ini.

Dukungan 32 Bit : Ya
RAM :  256 MB
Processor : 600 Hz Processor

Xubuntu


Distro Linux Paling Ringan Terbaik 2020

Xubuntu adalah variant dari ubuntu, perbedaanya dari ubuntu yaitu dekstop environment yang digunakan adalah Xfce dan beberapa software bawaan yang berbeda.

Dukungan 32 Bit: Ya
Ram: 512 MB

Akhir Kata

Itulah beberapa distro linux yang ringan untuk digunakan bahkan di komputer lama sekalipun. Pelu diketahui bahwa desktop environment yang digunakan mempengaruhi terhadap pemakaian Ram. Xfce adalah salah satu desktop environment yang ringan, selain Xfce ada juga Lxde yang tak kalah ringan pula. Distro Linux yang saya buat daftarnya bukanlah distro paling ringan, tetapi distro yang ringan namun tampilan kekinian alias modern. Untuk distro paling ringan munkin jatuh pada TinyCore yang hanya membutuhkan 64 MB Ram supaya bisa berjalan. Semoga artikel Distro Linux Paling Ringan Terbaik 2020 bisa membantu anda dan bermanfaat bagi anda.

Share with your friends