Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Inilah text editor yang aku rekomendasikan untukmu!

Taufik Nurhidayat

Taufik Nurhidayat

Updated

3 min
Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
On This Page

    Text editor adalah aplikasi yang digunakan para programmer atau pembuat program untuk membuat, mengubah atau mengedit file yang berbentuk teks atau source code. Bagi kamu yang bingung memilih Text Editor untuk pemrograman maka postingan ini sangat tepat bagi mu.

    Visual Studio Code

    Visual Studio Code

    Bagi programmer Visual Studio Code (VS Code) sudah sangat dikenal. VS Code merupakan text editor dengan banyak plugin, semua bahasa pemrograman bisa kamu ketik di VS Code.

    VS Code sendiri merupakan software buatan Microsoft yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis. VS Code juga mendukung Debugging, Syntax Highlighting, Inteligent Code Completion, Snippets, Code Refactoring dan sudah tertanam Git system. VS Code juga mendukung extension dan themes.

    Bagi kamu pemula maupun sudah expert bisa menggunakn VS Code sebagai text editor dalam pengembangan mu.

    Neovim

    Neovim

    Komputer mu terlalu berat untuk menjalankan VS Code? Neovim solusinya.

    Text editor Neovim merupakan fork dari text editor Vim. Berbeda dengan text editor lainya, Neovim dijalankan di Terminal dan berbasis text sehingga tidak membuat ram komputer mu penuh. Bahkan text editor ini tersedia di Android dan dapat dijalankan di aplikasi termux.

    Meski berbasis text dan berjalan di terminal, Neovim mendukung banyak plugin layaknya VS Code mulai dari inteligent code completion, syntax highlighting, snippet dan lainya. Namun dalam pemasangan plugin tidak segampang VS Code yang tinggal klik dan klik, neovim mengharuskan kamu mengatur secara manual dan mungkin akan sedikit ribet bagi pemula.

    Sublime Text

    Sublime Text

    Sublime Text merupakan salah satu text editor terbaik untuk pemrograman. Jika VS Code terlalu berat dan Neovim terlalu sulit digunakan, maka Sublime Text sangat cocok untukmu.

    Sublime Text dibuat dengan bahasa pemrograman C++ dan Python sehingga sangat ringan digunakan dibandingkan VS Code yang dibuat dengan Electron. Hampir semua fitur VS Code dapat ditemukan di text editor satu ini. Bahkan untuk integrasi sistem Git lebih baik dibandingkan VS Code.

    Notepad++

    Notepad Plus Plus

    Jika kamu sudah terbiasa dengan Notepad, maka text editor Notepad ++ adalah penggantinya. Notepad++ cocok untuk pemrograman skala kecil, seperti HTML dan CSS tidak menutup kemungkinan untuk digunakan dalam skala yang lebih besar. Saya sendiri menggunakan Notepad ++ untuk pertama kali pemrograman saya dalam membuat template Blogger, dan kinerja dari text editor ini sangat cepat bila dibandingkan dengan VS Code.

    Jika dibandingkan text editor lainya, kekurangan Notepad++ hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja.

    Itulah Text Editor Terbaik untuk Pemrograman, saya sendiri menggunakan Text Editor Neovim karena ringan dan bisa berjalan di Android. Apa text editor yang menemanimu dalam pemrograman?