Cara Streaming Musik lewat Terminal

Taufik Nurhidayat

Taufik Nurhidayat

Updated

4 min
Cara Streaming Musik lewat Terminal
On This Page

    Aplikasi seperti Spotify dan Joox yang menawarkan streaming musik gratis memang sangat bagus namun fitur seperti download lagu dan bebas iklan mengharuskan pengguna untuk berlangganan. Bagi pengguna yang suka gratisan dan tidak ingin menghabiskan uang hanya untuk mendengarkan lagu hal tersebut sangat mengganggu, berbeda dengan orang yang tidak merasa terbebani dan malah lebih merasa mendukung orang yang membuat musik tidaklah menjadi masalah.

    Mendengarkan Musik Bebas Iklan

    Tentu saja sangat bisa, kamu bisa menggunakan YouTube sebagai tempat streaming musik namun tetap masih ada iklan tetapi bisa diakali dengan menggunakan plugin ad blocker atau bisa download di situs bajakan yang sangat tidak saya rekomendasikan. 

    Streaming vs Download

    Bagi orang seperti saya yang tidak suka download musik karena ketika kita sudah bosan dengan musik tersebut maka kita harus menghapusnya supaya tidak membebani ruang penyimpanan akan lebih memilih streaming. Kenapa streaming? Streaming tidak perlu repot menghapus file karena setelah selesai kita dengar lagu otomatis terhapus dari penyimpanan. Selain itu jika ingin mendengarkan yang sudah selesai kita dengar maka kita tinggal streaming lagi tanpa perlu mendownload lagi. Maka wajar saja orang lebih suka dengan aplikasi streaming.

    Streaming Musik dengan mps-youtube

    mps-youtube adalah software open source yang bisa anda gunakan untuk mendengarkan musik yang bersumber dari youtube tanpa khawatir terganggu iklan. Tak hanya itu kamu juga bisa mendownload musik secara gratis dan memutarnya, bisa juga memutar music yang sudah ada dalam penyimpanan kamu.

    Sebelum kamu menggunakan mps-youtube kamu harus tahu kekurangan dan kelebihan dari software ini.

    Kelebihan

    • Gratis

    • Musik lengkap karena menggunakan sumber dari youtube

    • Bisa play dari local

    • Multi platform

    Kekurangan

    • Menggunakan CLI (berbasis text)

    Bagi kamu yang gak suka ribet mungkin lebih memilih aplikasi meskipun ada iklan, karena mps-youtube menggunakan cli jadi kalian harus ketik sendiri perintah untuk memasang hingga memutarnya. Tapi tenang saja karena akan saya permudah tutorial pemasangan hingga memutar musik.

    Cara Memasang mps-youtube

    Pengguna Linux

    Pastikan sudah terpasang python3 dan python-pip3 lalu gunakan perintah berikut.

    pip3 install --user -U git+https://github.com/mps-youtube/mps-youtube.git

    Install juga youtube-dl supaya bisa mendownload  musik.

    pip3 install --user youtube-dl

    Pengguna Mac

    Gunakan perintah berikut untuk memasang mpv (diperlukan sebagai pemutar musik dan video)

    brew cask install mpv

    lalu pasang mps-youtube

    brew install mps-youtube

    Pengguna Windows

    Bagi kamu pengguna windows kamu harus mendownload terlebih dahulu mpsyt-VERSION.exe pada halaman ini https://github.com/mps-youtube/mps-youtube/releases, kamu juga harus pasang python3 dan python-pip3. Selain itu juga harus mendownload mpv sebagai backend pemutar musik dari mps-youtube, selanjutnya tempatkan mpv.exe dan mpsyt.exe pada folder yang sama pada path C:\PythonXX\Scripts\

    Pengguna Android

    Bagi kamu pengguna android harus menginstall aplikasi yang bernama termux, bisa install dari play store. Buka termux dan ketikan kode berikut.

    pkg update && pkg install python pip && pkg install mpv

    sekarang pastekan perintah berikut 

    pip3 install --user -U git+https://github.com/mps-youtube/mps-youtube.git

     

    setelah selesai gunakan perintah berikut

    pip3 install --user youtube-dl

    Cara Menggunakan mps-youtube untuk Streaming Musik

    Gunakan perintah berikut untuk memulai mps-youtube

    mpsyt

    ganti api_key dari mps-youtube, karena banyak pengguna mps-youtube, api_key default sering mengalami limit maka bisa anda gunakan api_key sendiri atau punya saya dengan cara pastekan perintah berikut.

    set api_key AIzaSyDUW0EydFaaXbfPgRPOgHFmmSeYAFi9xbY

    Sekarang kamu bisa memutar musik dengan mps-youtube, untuk melakukan pencarian gunakan perintah berikut

    /musik yang ingin dicari

    Jika ingin mencari playlist dari youtube gunakan perintah berikut

    //nama playlist yang ingin dicari

    Untuk memutar musik dan memilih playlist gunakan angka yang tertera, jika playlist maka kamu akan memilih playlist terlebih dahulu dan akan muncul daftar musik lalu pilih lagi.

    Ingin memutar semua list yang tampil? Gunakan perintah all atau *. Ingin memutar dari nomor list dan diteruskan ? Maka gunakan perintah nomor diikuti tanda strip (-) contoh 2-. Untuk pindah ke halaman berikutnya gunakan n dan p untuk halaman sebelumnya. untuk mendownload bisa menggunakan d dan diikuti nomor list seperti d 2

    Akhir Kata

    Software tersebut bisa kamu dapatkan source code dan dokumentasi serta beberapa masalah di halaman github https://github.com/mps-youtube/mps-youtube. Selamat menikmati streaming musik dengan mps-yotube gratis tanpa iklan. Baca Mengatasi mps-youtube error saat memutar musik

    Tak Perlu Aplikasi Berbayar Lagi! Kamu Bisa Streaming dan Download Musik Gratis Tanpa Iklan

    Icons in Thumbnails made by Freepik from www.flaticon.com