Streaming Musik dari Youtube Menggunakan Terminal

Streaming Musik dari Youtube Menggunakan Terminal

Streaming musik dari youtube menggunakan terminal? Tentu saja bisa, bahkan mudah dilakukan.

Taufik Nurhidayat
Taufik Nurhidayat
3 min readJan 06, 2024
On This Page

Mendengarkan musik merupakan hal yang sangat umum di jaman sekarang ini. Berawal dari radio dan kaset, trend mendengarkan musik beralih ke streaming secara online menggunakan platform-platform streaming musik. Pada artikel ini, kita akan mengetahui bagaimana melakukan streaming musik hanya menggunakan terminal atau konsole pada sistem operasi linux, windows, mac.

Streaming Musik Menggunakan Yewtube

Untuk yang pertama kita bisa menggunakan yewtube yang merupakan fork dari mps-youtube. Dengan alat ini kita bisa menonton video atau mendengarkan musik dari youtube lewat terminal.

Memasang Yewtube

Pastikan sistem operasi telah terpasang pythonpython-pip atau python-pipx serta media player seperti VLC maupun MPV. Untuk melakukan instalasi ikuti salah satu perintah berikut pada terminal.

# pip
pip install yewtube

# pipx (direkomendasikan)
pipx install yewtube

Menjalankan dan Melakukan Pencarian

Jika proses pemasangan telah berhasil maka langkah selanjutnya menjalankan yewtube itu sendiri dengan perintah yt dan akan muncul tampilan seperti berikut.

Yewtube

Untuk melakukan pencarian gunakan perintah / (slash) diikuti dengan query yang akan dicari, seperti berikut.

/lofi chill

Memutar Media

Jika hasil pencarian telah muncul, ketik dan enter nomor yang tertera pada daftar hasil pencarian untuk memutar media tersebut. Perlu kamu ketahui, daftar hasil pencarian dengan bagian date berisi None biasanya merupakan list yang sedang live streaming dan tidak dapat diputar.

Yewtube Search Music from Youtube

Memutar Audio Saja

Secara default yewtube akan memutar media berupa video, agar hanya memutar audio saja maka lakukan konfigurasi dengan perintah berikut.

set show_video false

Mengganti Pemutar Media

Jika pada sistem operasi kamu terdapat VLC dan MPV, maka secara bawaan yewtube akan menggunakan VLC untuk memutar media. Meski tidak disarankan mengubah ke pemutar media lain, namun kamu bisa beralih dengan perintah berikut.

# mpv dapat diganti dengan player lain
set player mpv

Streaming Youtube Menggunakan Ytfzf

Sama seperti yewtube ytfzf juga merupakan alat lain yang mampu melakukan streaming youtube melalui terminal, namun bedanya ytfzf menggunakan fzf sebagai interface mereka.

Melakukan Pemasangan Ytfzf

Saat ini ytfzf hanya tersedia pada sistem operasi linux saja, dan untuk melakukan pemasangan bisa melalui package manager masing-masing distro atau

# Debian dan Ubuntu
sudo apt-get install ytfzf

# Arch Linux
sudo pacman -S ytfzf

Jika tidak berhasil bisa langsung clone repository dari ytfzf dan build manual menggunakan make, berikut perintahnya.

git clone https://github.com/pystardust/ytfzf
cd ytfzf
sudo make install doc

Melakukan Pencarian dan Memutar Media

Untuk melakukan pencarian kita bisa melakukannya dengan perintah berikut.

ytfzf kueri yang ingin dicari

Atau hanya memutar media musik saja dengan perintah berikut.

ytfzf -m kueri yang ingin dicari

Berikut tampilan dari ytfzf, untuk memilih daftar kamu bisa menggunakan tanda panah pada keyboard. Tekan tombol enter untuk memutar media.

Kenapa Streaming Menggunakan Terminal

Jika kamu bukan pengguna linux, mungkin kamu tidak akan menyukai sesuatu yang berhubungan dengan terminal dan lebih menyukai streaming lewat platform yang lebih mudah digunakan.

Selain tidak adanya GUI proses yang dilakukan juga cukup ribet khususnya bagi yang tidak terbiasa dengan cli. Namun terdapat beberapa kelebihan dari streaming musik menggunakan terminal diantaranya:

  1. Gratis

  2. Tanpa iklan

  3. Tidak bisa memutar media yang sedang live streaming.

  4. Tidak memakan banyak memori.

Akhir Kata

Mungkin streaming musik melalui terminal bukanlah pilihan utama, namun bisa menjadi alternatif bagi mereka yang terbiasa dan menyukai interface cli/terminal. Dengan beberapa kelebihan seperti tanpa adanya iklan dan gratis, streaming musik menggunakan terminal patut dipertimbangkan.