Cara Mengatur Proxy di Linux

Cara Mengatur Proxy di Linux

Taufik Nurhidayat
Taufik Nurhidayat
3 min readJan 06, 2024
On This Page

Proxy tidak akan lepas dari sistem operasi Linux. Linux sendiri terkenal menjadi sebuah sistem operasi yang digunakan server. Jika menyangkut sebuah server linux maka mungkin kamu akan mendengar proxy, proxy sendiri menurut Wikipedia adalah sebuah perantara (antara sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien mencari sumber daya dari server lain. Klien A terhubung ke server perantara, meminta beberapa layanan, seperti berkas, sambungan, laman, atau sumber daya lainnya, yang tersedia dari server yang berbeda.

Menggunakan Pengaturan

Untuk mengatur proxy pada sistem operasi linux bisa diatur lewat pengaturan, kamu cukup buka pengaturan dan buka bagian network > setting > proxy.

Tampilan UI Settings Proxy

Kamu bisa memilih proxy mana yang akan kamu gunakan. Pada bagian detect proxy configuration automatically akan mendeteksi pengaturan proxy secara otomatis, hal ini berlaku jika sebuah jaringan menerapkannya sebut saja sebuah perusahaan atau universitas mengatur proxy otomatis, lalu kamu mengatur ke deteksi otomatis maka proxy pun bisa digunakan.

Untuk bagian use proxy configuration url adalah pengaturan otomatis proxy juga namun kamu perlu mengisi dengan url yang menuju dari file pengaturan proxy, biasanya ektensi berupa ".pac".

Pada bagian use system dan manual, saya rasa tidak ada perbedaan. Pada bagian ini kamu harus mengisi proxy sendiri, mungkin pada bagian use system proxy akan terisi otomatis jika system proxy sudah di atur pada linux kamu.

Jika tidak ingin menggunakan proxy maka cukup pilih bagian pada no proxy.

Untuk format proxy sepert ini http://USERNAME:PASSWORD@PROXYIP:PROXYPORT

Jika proxy tidak memerlukan authenticasi maka cukup dengan proxy:port.

http://PROXYIP:PROXYPORT

Contoh dengan autentikasi

http://taufik:[email protected]:8080

tanpa autentikasi

http://192.168.43.1:8080

Menggunakan Terminal

Proxy sudah diatur lewat pengaturan linux namun saat menggunakan terminal linux, proxy tidak berjalan maka kamu harus mengatur system proxy lewat terminal.

Buka terminal linux bisa lewat shortcut Ctrl+T dan ketikan perintah berikut.

sudo nano /etc/environment

Lalu isi text dengan format berikut pada bagian paling akhir.

http_proxy="http://USERNAME:PASSWORD@PROXYIP:PROXYPORT"
https_proxy="http://USERNAME:PASSWORD@PROXYIP:PROXYPORT"
ftp_proxy="http://USERNAME:PASSWORD@PROXYIP:PROXYPORT"
no_proxy="localhost,127.0.0.1,::1"
Tampilan Terminal Saat Mengatur Pengaturan Proxy

Format proxy juga sama seperti pada bagian pertama yaitu 

http://USERNAME:PASSWORD@PROXYIP:PROXYPORT

Jika tidak ingin menggunakan proxy namun tetap ingin menyimpan pengaturan tersebut barangkali dimasa mendatang akan digunakan kembali cukup memberikan # pada bagian awal setiap baris.

Memberikan Komentar Pada File Pengaturan Proxy

Akhir Kata

Begitulah cara untuk mengatur proxy di linux. Dengan menggunakan proxy koneksi kamu ke internet juga semakin aman, dan biasanya konten yang diblokir seperti reddit juga akan terbuka.