Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan 2023

Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan 2023

Bahasa pemrograman apa yang paling banyak digunakan saat ini? Yang pastinya layak untuk dipelajari, karena dibutuhkan banyak orang.

Taufik Nurhidayat
Taufik Nurhidayat
4 min read06 Jan 2024
On This Page

Memilih bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk dipelajari, tentu memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya kamu tidak membuang waktu untuk sesuatu yang belum pasti banyak dibutuhkan.

Lalu apa saja bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan saat ini, dan mungkin kamu perlu mempelajari-nya.

Apa Itu Bahasa Pemrograman

Dikutip dari Wikipedia, bahasa pemrograman adalah sistem notasi untuk menulis program komputer. Atau lebih jelasnya, bahasa pemrograman merupakan dasar-dasar perintah agar menjalankan fungsi pada komputer.

Biasanya bahasa pemrograman terdiri dari dua himpunan, yaitu sintaksis dan semmantik untuk mendefinisikan program.

Bahasa Pemrograman Paling Banyak Digunakan

1. JavaScript

Digunakan Untuk:

  • Pengembangan Web

  • Pengembangan Game

  • Software Desktop dan Aplikasi Mobile

  • Server

Menurut survey dari Stack Overflow, JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dari bertahun-tahun yang lalu, hingga saat ini.

Bukan tanpa alasan bahasa pemrograman ini menjadi yang paling banyak digunakan. Ini disebabkan karena JavaScript bekerja pada browser dan digunakan pada website, jelas JavaScript terlibat hampir pada setiap website di seluruh dunia.

Selain itu, JavaScript adalah bahasa yang mudah dipelajari namun memiliki fitur lengkap dan ringan dijalankan. Sehingga, bahasa ini menjadi populer dikalangan pengembang.

Seiring berjalannya waktu, kini JavaScript dapat digunakan hampir di setiap program seperti Website, Game, Software atau Aplikasi hingga Server.

2. HTML dan CSS

Digunakan Untuk:

  • Pengembangan Web

  • Aplikasi

Sejalan dengan JavaScript, website membutuhkan HTML dan CSS untuk menampilkan konten dan desain yang menarik bagi pengguna. Sehingga, HTML dan CSS menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh pengembang.

Meskipun HTML merupakan bahasa markup, yang tidak dapat melakukan fungsi seperti bahasa pemrograman lainnya. Namun, HTML tetap layak untuk dipelajari terutama pemula.

Berbeda dengan CSS, meskipun ini bukan bahasa pemrograman namun dapat melakukan fungsi-fungsi tertentu. Bahkan, CSS tingkat lanjut dapat membuat website interaktif tanpa adanya JavaScript.

3. Python

Digunakan Untuk:

  • Analisis Data

  • Machine Learning

  • Pengembangan Web

  • Pengembangan Back end

  • Software

Python adalah bahasa pemrograman dengan syntax yang lebih sederhana dibandingkan bahasa pemrograman sejenis lainnya, seperti Java atau C. Karenanya, Python menjadi populer dan disukai dikalangan pengembang.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Python merupakan bahasa pemrograman yang lebih lambat dibandingkan dengan C atau Java.

4. SQL

Digunakan Untuk:

  • Mengubah tabel dan index database

  • Menambah, menghapus, mengedit data

  • Mengakses data yang ada dalam database

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengelola serta melakukan banyak operasi pada database relasional. Menurut survey yang sama dari Stack Overflow, SQL berada pada urutan nomor 4 sebagai bahasa pemrograman paling banyak digunakan.

5. TypeScript

Digunakan Untuk:

  • Pengembangan front-end

  • Pengembangan back-end

Salah satu bahasa pemrograman paling banyak digunakan ialah TypeScript. Bahasa pemrograman ini merupakan versi lebih luas dari JavaScript, yang diciptakan dengan tujuan mempermudah proses pengembangan.

TypeScript merupakan bahasa pemrograman yang diketik secara statis, dan jelas berbeda dengan JavaScript yang diketik secara dinamis. Selain itu, fitur-fitur tambahan pada TypeScript yang dapat mempercepat produktivitas, membuat para pengembang menyukai-nya.

Meskipun, pada akhirnya setiap baris kode yang ditulis dalam TypeScript akan di compile ke dalam JavaScript terlebih dahulu sebelum di eksekusi.

6. Java

Digunakan Untuk:

  • Pengembangan Software

  • Pengembangan Game

  • Pengembangan Back-end

Java adalah bahasa pemrograman yang telah lama berdiri dan menggerakkan jutaan aplikasi setiap tahunnya. Selain itu, sumber pembelajaran Java yang berkualitas bertebaran diluar sana memudahkan siapapun untuk mempelajari-nya.

Salah satu keunggulan dari bahasa pemrograman java adalah cepat, aman dan andal. Jadi bukan tanpa alasan bagi Java untuk menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini.

7. C Language

Digunakan Untuk:

  • Sistem Operasi

  • Bahasa Sistem

  • Software

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu yang paling banyak digunakan saat ini. Meskipun, bahasa pemrograman ini sudah lama ada.

Kemampuan dari bahasa pemrograman C tidak diragukan lagi, karena bahasa C termasuk bahasa pemrograman tingkat rendah. Artinya, bahasa ini bekerja mirip dengan kode mesin, sehingga performa-nya sangat tinggi.

8. PHP

Digunakan Untuk:

  • Pengembangan Web

  • Back-end

Salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan lainnya ialah PHP. Bahasa pemrograman ini digunakan oleh CMS terbesar didunia yaitu Wordpress.

Menariknya, meski sudah banyak yang meninggalkan PHP dan ada argumen bahwa PHP akan ditinggalkan. Namun, pada kenyataannya hingga saat ini masih banyak yang berminat pada PHP.

Bahasa Pemrograman Lainnya

Jika daftar diatas terasa kurang lengkap, berikut adalah daftar lain dari bahasa pemrograman yang banyak digunakan di tahun 2023.

  1. C++

  2. C#

  3. Go

  4. Rust

  5. Kotlin

  6. Lua

  7. Ruby

  8. Dart

  9. Assembly

Akhir Kata

Setelah membaca bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan saat ini, kita mengetahui bahwa JavaScript adalah yang paling populer. Namun, bukan berarti bahasa pemrograman lain tidak banyak digunakan.

Terkadang bahasa pemrograman saling melengkapi satu sama lainnya, dan memiliki kegunaannya masing-masing. Jadi, apa bahasa pemrograman yang banyak digunakan dan menurut kamu layak untuk dipelajari?