5+ Alternatif Firebase Terbaik

Taufik Nurhidayat

Taufik Nurhidayat

Updated

3 min
5+ Alternatif Firebase Terbaik
On This Page

    Setelah firebase menjadi populer di kalangan developer, kini banyak bermunculan alternatif dari layanan tersebut. Layanan yang hampir mirip bahkan dibuat menyerupai firebase dapat kamu temukan baik open source maupun closed source.

    Apa itu Firebase?

    Firebase merupakan layanan BaaS (Backend as a Service) dari Google yang ditujukan untuk mempermudah pengembang ketika mengembangkan aplikasi mereka. Dengan berbagai layanan yang tersedia di Firebase menjadikan pengembang lebih fokus pada aplikasi yang mereka kembangkan dibanding backend mereka.

    Fitur utama dari Firebase ialah NoSQL database, real-time queries, scalable hosting, data storage, file storage, REST APIs, authentication, machine learning dan analytics. 

    Alternatif Firebase

    Untuk saat ini tersedia layanan backend as a service dengan berbagai pilihan dan bisa kamu jadikan alternatif dari firebase.

    1. Parse

    Parse merupakan platform MBaaS yang diakuisisi facebook pada tahun 2013 dan ditutup pada tahun 2017, kemudian parse dijadikan platform Open Source. Sangat tepat jika kamu memilih platform satu ini sebagai alternatif dari layanan firebase.

    Karena Parse merupakan platform open source, kamu bisa mendownloadnya di GitHub lalu kamu hosting di cloud manapun yang mendukung NodeJS seperti Google Cloud, Digital Ocean, Amazon AWS dll. Kamu juga bisa mencobanya dengan Back4App, meskipun sedikit berbeda tetapi Parse adalah inti dari layanan mereka.

    Parse juga memiliki komunitas yang cukup besar dan berjalan cukup lama, dimulai pada tahun 2011 pada platform GitHub Parse telah memperoleh star sebanyak 35K.

    Fitur Utama

    1. Spreadsheet like database

    2. Create/Expose GraphQL APIs

    3. Create/Expose REST APIs

    4. Notifications in real-time

    5. Push notifications

    6. Social Logins

    7. Email notifications

    8. File system

    Harga

    Gratis (perlu hosting sendiri)

    2. Supabase

    Supabase menggabungkan alat open source sehingga menghasilkan alternatif Firebase yang sangat baik. Meskipun cukup baru yakni dimulai pada tahun 2020, supabase sangat populer dan komunitasnya juga berkembang sangat cepat. Buktinya Supabase telah memperoleh 38K bintang pada platform GitHub saat artikel ini dibuat.

    Supabase mendukung banyak framework seperti Angular, Flutter, React, Svelte, Vue dan lainya. Nilai tambah Supabase ialah memiliki dokumentasi yang lengkap dan didukung komunitas besar. Kamu bisa menggunakan hosting sendiri atau cloud dari supabase untuk menjalankan alat satu ini.

    Harga

    1. Gratis (limit 2 project)

    2. Pro - mulai dari $25/bulan

    3. Enterprise - harga perlu dinegosiasikan

    Fitur Utama

    1. Database

    2. Authentication

    3. Storage

    4. Edge Function

    5. Instant API

    6. Real Time API

    3. Hasura

    Jika kamu pengguna GraphQL, maka Hasura mungkin salah satu pilihan terbaik sebagai alternatif dari firebase. Dengan GraphQL menjadikan api Hasura 10x lebih cepat.

    Hasura mendukung beberapa pilihan database seperti Postgres, SQL Server, Aurora dan BigQuery. Untuk database lainya seperti MySQL dan MongoDB masih dalam tahap perencanaan. Kamu bisa menjalankan hasura dengan hosting sendiri atau layanan cloud dari hasura.

    Hasura telah dipercaya brand besar seperti Walmart, Atlassian dan Netlify.

    Harga

    1. Hasura CE - Gratis

    2. Hasure EE - lisensi komersial

    3. Cloud Tingkat Gratis

    4. Cloud Standar - mulai dari $99/bulan/proyek

    5. Cloud Enterprise - Harga perlu dinegosiasikan

    Fitur Utama

    1. API GraphQL

    2. Caching

    3. Pemantauan

    4. Keamanan

    5. CLI

    4. Backendless

    Alternatif Firebase lainya ialah Backend less. Backendless merupakan platform pengembangan aplikasi visual yang telah beroperasi sejak 2012.

    Dengan Backendless memungkinkan kamu untuk membuat logika api secara visual alias tanpa coding dan api yang dibuat secara otomatis.

    Fitur Utama

    1. Backendless Database

    2. Caching

    3. Codeless

    4. User Management

    5. Real-time Data

    6. Geo Location

    7. Security

    Harga

    1. Springboard - Gratis

    2. Cloud 9 - $25/bulan

    3. Cloud 99 - $99/bulan

    4. Cloud Enterprise - $900/bulan

    5. appwrite

    Alternatif Firebase selanjutnya adalah appwrite yang merupakan platform backend-as-a-service open-source yang dapat digunakan sebagai backend dalam pengembangan Flutter, Mobile dan Web. Meskipun terbilang baru appwrite telah memperoleh bintang sebanyak 25k di GitHub.

    Untuk menjalankan appwrite kamu memerlukan hosting sendiri seperti Digital Ocean atau hosting lainya.

    Harga

    Gratis dengan hosting sendiri

    Fitur Utama

    1. Database

    2. Auth & User

    3. Storage

    4. Function

    5. GEO & Localization

    6. Console

    7. Privacy & Security

    Alternatif Lain

    Mungkin kamu belum puas dengan salah satu alternatif firebase terbaik yang kami sebutkan tadi, maka kamu bisa mencoba platform berikut

    • AWS Amplify

    • Kuzzle

    • Game Sparks

    • NHost

    • FireHose