9 Alasan Harus Menggunakan Framework ReactJS

Taufik Nurhidayat

Taufik Nurhidayat

Updated

3 min
9 Alasan Harus Menggunakan Framework ReactJS
On This Page

    Front End Development atau Pengembang Front End sudah menjadi populer di kalangan para developer, dan berkembang secara pesat akhir-akhir ini.

    Saat ini, ketika ada banyak aplikasi yang tersedia, ReactJS adalah salah satu nama yang menonjol di pasar aplikasi web. Ini pada dasarnya adalah pustaka JavaScript yang dapat Kamu beri label sebagai salah satu kerangka kerja terbaik untuk mengembangkan aplikasi web. ReactJS memenangkan popularitas besar berkat Facebook yang membangun bersama dengan komunitas pengembang. Banyak perusahaan terkemuka seperti Apple, PayPal, Netflix, Dropbox menggunakan React S karena kesederhanaan, konsistensi dan skalabilitas nya bahkan salah satu Situs Ecommerce terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia pun menggunakan ReactJS. Jika mempertimbangkan statistik, lebih dari 2.20.000 situs web dibuat menggunakan kerangka kerja React, bahkan web ini pun kini telah menggunakan React.

    Mudah Dipelajari

    React JS jauh lebih mudah dipelajari ketika kamu membandingkannya dengan kerangka kerja frontend populer lainnya seperti Angular & Vue, untuk pertama kali mungkin tidak semudah Vue namun setelah kamu memahami dasarnya maka akan semakin mudah. Ini sebenarnya salah satu alasan utama React mendapatkan begitu banyak daya tarik dalam waktu yang sangat singkat. Dengan menggunakannya, perusahaan dapat menyediakan layanan pengembangan react js dan mengembangkan proyek mereka dengan cepat.

    Populer

    ReactJS Adalah framework javascript paling banyak digunakan pengembang di github tercatat 5.4 Juta saat artikel ini diterbitkan, untuk mencari pekerjaan pun akan lebih mudah karena banyak yang mencari dan menggunakan.

    Rich User Interface

    Kualitas antarmuka pengguna juga memainkan peran penting. Aplikasi UI berkualitas tinggi memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan popularitas. React JS berisi komponen deklaratif yang membantu membangun Rich User Interface dan berkualitas tinggi, alasan mengapa bisnis yang menggunakan layanan pengembangan React JS adalah selalu mencari keuntungan.

    Komponen Kustom

    React hadir dengan JSX, ekstensi sintaks opsional yang memungkinkan Kamu untuk menulis komponen kustom untuk perusahaan pengembang react js, membuat aplikasi volume tinggi, dan mengubah mockup HTML menjadi Elemen React Trees.

    Komponen ini pada dasarnya mendukung kutipan HTML, dan juga membuat semua subkomponen menjadi pengalaman pengembang yang menyenangkan untuk aplikasi web yang Kamu kembangkan.

    Rendering Cepat

    Rendering yang sangat cepat adalah salah satu fitur unggulan dari React JS, hal ini dikarenakan ReactJS menggunakan DOM Virtual yang di simpan di lokal sehingga tidak perlu memuat ulang semua komponen alias hanya perubahan kecil saja.

    Baca: Why React JS is Faster

    Skalabilitas

    ReactJS memungkinkan Kamu untuk membuat sebuah aplikasi berskala besar, dengan berbagai dukungan dan plugin yang komplit.

    SEO Friendly

    Dengan kecepatan rendering ReactJS membantu mengurangi waktu untuk memuat halaman, tidak diragukan lagi meningkatkan skor mesin pencari seperti Google.

    Developer Toolset

    Dengan adanya alat pengembangan yang sangat bagus untuk membantu mereka membedakan komponen, mengamati hierarki komponen, kerangka kerja ReactJS maka semakin memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi ReactJS mereka. 

    Dukungan Komunitas

    Sejumlah besar pengembang React JS individu berkontribusi terhadap komunitas ReactJS dan menjadikannya kerangka kerja frontend yang fantastis. Saat ini, ReactJS memperoleh 162K bintang di Github dan 1.527 kontributor reguler. Untuk segala jenis dukungan maupun pertanyaan, kamu dapat memposting di Repositori ReactJS

    Akhir Kata

    Dengan berbagai pertimbangan, bukankah bagus untuk menggunakan ReactJS untuk pengembangan web mu? Tunggu apa lagi, cobalah teknologi bagus ini sekarang juga!