Cara Menginstal Laravel 7

Cara Menginstal Laravel 7

data:post.author.name
Published:
Updated:

 Laravel adalah Framework web php yang diciptakan oleh Taylor Otwell. Laravel ini bersifat open source jadi bebas untuk digunakan. Laravel ini memiliki banyak fitur yang sangat membantu dalam mendevelop sebuah website. 

Persiapan untuk menginstal Laravel

Untuk menginstal laravel ada beberapa Aplikasi yang harus diinstal terlebih dahulu. Apa saja ? 

1. Web Server 

Web server adalah software yang fungsinya digunakan untuk menerima dan melayani permintaan yang dikirimkan user melalui sebuah browser yang kemudian dimunculkan kepada user sesuai dengan permintaan yang dikirim ke server.

Untuk nama aplikasinya saya memakai Aplikasi XAMPP. cara mendownload nya sangat mudah sekali kalian bisa mengunjungi halaman website resminya di XAMPP.

2. Composer

Composer adalah sebuah tool aplikasi yang digunakan sebagai penghubung php dengan library atau package lain.Misalnya kita butuh package atau library pdf, kita bisa mendownload atau menambahkan library tersebut ke projectan kita dengan composer. Saat kalian sedang menginstall composer pastikan terhubung ke internet karena ada data yang didownload. Cara mendownload tool composer bisa langsung ke halaman website resminya di  Composer.

3. Text Editor

Text editor adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengubah codingan dari frawework laravel ini. Untuk text editor kalian bisa menggunakan sublime text, vscode, atom, notepad++, dan masih banyak lagi. namun untuk kali ini saya menyarankan jika ingin text editor yang ringan pilih sublime text. Untuk Link downloadnya di Sublime Text.


Install Laravel

Setelah semua persiapan sudah selesai, kalian sekarang bisa menginstal laravel. Jadi pastikan tidak ada yang terlewat.

Buka Folder

Buka folder c:/xampp/htdocs menggunakan CMD(Command Prompt). Untuk pengguna window bisa menggunakan Tombol Window + R lalu ketik cmd. maka akan terbuka cmdnya.



 lalu ketikan perintah berikut

cd c:/xampp/htdocs 

kemudian enter. 


Lalu ketikkan perintah berikut

composer create-project laravel/laravel namaaplikasi --prefer-dist 

lalu klik tombol enter. Pastikan terhubung ke internet karena akan ada yang harus didownload. 



Tunggu Sampai proses download selesai. Kemudian ketikkan perintah berikut ini.

cd namaaplikasi

Untuk menjalankan nya kalian hanya perlu mengetikkan

php artisan serve

Kemudian cek di browser seperti google chrome, firefox atau browser lainnya. Lalu di address bar ketikkan seperti berikut.

localhost:8000



 
Maka akan muncul tampilan seperti diatas. Dan kalian sudah berhasil menginstall laravel.


Comments