Cara Screenshoot Ketika Menu Dropdown Terbuka di Linux

Cara Screenshoot Ketika Menu Dropdown Terbuka di Linux

data:post.author.name
Published:
Updated:

Untuk melakukan screenshoot pada linux biasanya kita hanya perlu menekan print screen, maka otomatis layar tertangkap atau screenshoot, atau bisa juga dengan membuka langsung aplikasi screenshoot yang ada pada linux tersebut.

Namun ketika membuka menu dropdown atau context menu, print screen tidak bisa berjalan. Solusi untuk melakukan screenshoot pada Menu Dropdown ketika terbuka ialah dengan melakukan Schedule Screenshoot. Dimana dengan melakukan Schedule Screenshoot, screenshoot anda akan tertunda sesuai dengan anda memberikan waktu yang di setel untuk melakukan screenshoot.

Caranya buka aplikasi screenshoot pada linux anda, jika pengguna kde biasanya terdapat Spectacle atau tekan saja Print Screen. Tenang meskipun tangkapan layar sudah ada, tangkapan layar atau screenshoot tadi tidak akan tersimpan secara otomatis.

Cara Screenshoot Ketika Menu Dropdown Terbuka di Linux - Spectacle

Sekarang klik tambah pada delay sesuai waktu yang dibutuhkan untuk misal 5 second atau 7 second. Klik "Take a New Screenshoot" lalu open menu dropdown dan tunggu hingga aplikasi melakukan tangkapan layar atau screenshoot.


Lalu tinggal save hasil screenshoot menu dropdown tadi. Untuk Ubuntu pun tidak ada perbedaan yang signifikan, dan untuk distro lain pun hampir sama karena hampir semua aplikasi screenshoot di linux terdapat fitur schedule screenshoot.

Comments