Bajak Membajak dalam Dunia Komputer - Nurhidayat

09 Februari 2020

Bajak Membajak dalam Dunia Komputer

Saat ini komputer sudah menjadi pendamping manusia dalam berbagai urusan, mulai dari tugas sekolah, bekerja dan masih banyak lagi. Namun ternyata dibalik canggihnya komputer ada sesuatu hal buruk yang biasa dan sering terjadi, bahkan bisa dikatakan hal yang lumrah di negara Indonesia. Kebiasaan buruk itu ialah membajak perangkat lunak. Pembajakan perangkat lunak menurut wikipedia adalah penyalinan atau distribusi perangkat lunak secara ilegal atau tidak sah. Misalkan satu lisensi hanya dapat digunakan satu komputer, namun disalahgunakan sehingga bisa dipakai semua komputer.


Bajak Membajak dalam Dunia Komputer
Thumbnail Design by Freepik


Mungkin menurut pembajak, membajak software tak akan merugikan pihak developer. Padahal sudah banyak kasus dimana pihak developer mengalami kerugian yang tidak sedikit akibat pembajakan produk yang mereka kembangkan. Kita mungkin beranggapan bahwa membajak software atau game tak akan berpengaruh besar pada pengembang, padahal hal itu adalah suatu hal yang paling berpengaruh pada produk tersebut.

Produk asli tetap ada, namun kita menyalin dan merubah sistemnya sehingga bisa digunakan tanpa perlu membayar. Jika hanya untuk kepentingan sendiri mungkin masih bisa dimaklumi, tetapi ada pihak yang menyebarkan produk bajakan tersebut sehingga orang yang ingin membelipun lebih baik mendownload produk bajakan. Kenapa bisa seperti itu? Logika manusia akan memilih yang gratis daripada harus beli, produknya sama semuanya sama hanya caranya yang berbeda. Coba anda diberi pilihan sebuah Smartphone dari orang berbeda namun merek yang sama, barang yang sama, spesifikasi sama namun ternyata satu orang menyuruh anda untuk membayarnya dan yang satu lagi memberikanya secara gratis. Tentu saja anda akan memilih yang gratis, namun ternyata  barang yang diberikan secara gratis tersebut didapatkan dari cara mencuri, jika anda tahu dan paham akan hal tersebut maka anda akan berpikir 2 kali untuk mengambilnya. Pada software atau game pun ternyata sama hanya saja orang mengetahui namun tidak paham akan hal tersebut. Orang mengetahui bahwa pembajakan sebuah software namun tidak memahami pembajakan software/game tersebut. Jadi anda harus memahami bahwa pembajakan sebuah software adalah hal ilegal dan tidak baik.

Pembajakan software/game tidaklah sama dengan pencurian, karena pembajakan produk tersebut hanyalah menduplikasi dan merubahnya. Seperti barang palsu namun sangat mirip dengan yang asli. Lalu bagaimana dengan saya sendiri? Saya masih ada Office 2016 yang terinstall dengan cara yang tidak sah, saya juga terpaksa tidak menghapusnya karena masih saya perlukan (bukan untuk pekerjaan) tapi saya sedang bermigrasi ke Libre Office. Alternatif sotware bajakan bisa anda temukan bertebaran di google. Beberapa yang saya ketahui seperti GIMP pengganti Photoshop, Inkscape pengganti Coreldraw dan Ilustrator, LibreOffice pengganti Microsoft Office atau bisa anda kunjungi office.com untuk menggunakan secara gratis Microsoft Office.

Hapuslah software bajakan, apalagi software bajakan tersebut digunakan untuk pekerjaan. Bisa tidak berkah penghasilan anda. Hapuslah Software Aplikasi Bajakanmu

Share with your friends