Cara Memblokir Url Situs Web Pada Android dan PC
Terkadang kita mungkin kesal dengan sebuah situs web yang sering kita kunjungi, misalkan web tersebut malah membuat kita tidak fokus dengan apa yang sedang kita kerjakan, atau mungkin kita malah nyasar ke situs porno. Untuk mengakali hal tersebut adalah dengan cara memblokir url dari web tersebut. Untuk memblokir url tersebut lakukan langkah berikut:
  1. Buka play store di smartphone android mu dan install BlockSite.
  2. Buka aplikasinya dan akan ada arahan untuk mengaktifkan aksebilitas bagi aplikasi BlockSite. Silahkan klik "Go to Setting" dan cari BlockSite lalu aktifkan.
     
  3. Tambahkan url yang akan diblokir.
  4. Jika sudah klik centang.
Sekarang url yang anda blokir akan menampilkan peringatan jika dibuka. Untuk memblokir url pada PC kalian harus memastikan bahwa kalian adalah pengguna chrome, dan ikuti langkah berikut:
  1. Buka BlockSite.co pada browser dan klik available for chrome extension.
  2. Tambahkan ekstensi BlockSite dari Chrome Webstore.
  3. Setujui kebijakan privasi dari ekstensi tersebut.
Sekarang anda sudah bisa memblokir situs web dengan ekstensi ini pada google chrome. Sebenarnya pada firefox juga bisa namun tak ada fitur sync. Perlu diketahui bahwa fitur sync ini memungkinkan tersinkronisasinya antar perangkat, untuk menggunakan fitur ini silahkan ikuti langkah berikut.
  • Silahkan klik ikon blocksite di atas kanan browser, dan akan muncul popup blocksite maka klik icon setting / gear.
  • Selanjutnya klik pada Not sync with app.
  • Sekarang klik yes.
  • Nanti akan muncul QR Code. Scan QR Code tersebut dengan aplikasi yang ada pada smartphone dengan cara tap ikon 3 titik pada pojok kanan atas>Setting>Sync BlockSite> Scan lalu scan QR Code tadi.
Begitulah cara untuk memblokir url atau web pada smartphone maupun pc, ada juga fitur memblokir aplikasi dan konten dewasa yang sangat penting sehingga anda tak perlu cemas kalau tiba-tiba membuka konten dewasa. Meskipun masih banyak cara, namun itulah cara yang paling simple menurut saya.
Perlu diketahui bahwa aplikasi untuk android hanya bisa berjalan pada Google Chrome, saya sudah mencoba di Opera Mini dan Firefox Lite tetapi aplikasi tidak berjalan. Saran saya gunakan saja Google Chrome untuk internetan.